Rabu, 20 November 2013

BAGAIMANA IKAN HIDUP DI DALAM AIR?
Kalian pasti pernah melihat betapa cepat dan lincahnya ikan di dalam air. Untuk berenang, ikan tidak perlu membuat gerakan apa pun kecuali mengibas-ngibaskan ekornya dari satu sisi ke sisi lain. Kemudahan gerak yang dimiliki ikan di dalam air diperoleh berkat tulang punggung mereka yang lentur, juga karena beberapa sistem lain dalam tubuh mereka.

Seekor ikan menghabiskan sebagian besar energinya ketika berenang. Ini bukan karena ikan berenang dengan cepat dalam waktu lama. Ikan membutuhkan banyak energi agar bisa mencapai kecepatan tinggi dari keadaan diam. Penting bagi ikan untuk meningkatkan kecepatan tersebut dengan segera agar ia bisa melarikan diri dari para pemangsa.
Padahal, gerak ikan sebagian besar selalu menentang arus. Bayangkan betapa sulitnya bagi kalian untuk bergerak di dalam air dan betapa mudahnya bergerak ketika kalian melangkah di jalan. Bandingkan antara hidup di dalam air dan di permukaan bumi.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya
malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa
yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari
langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah
mati (kering)nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan,
dan berkisarnya angin dan awan yang dikendalikan antara
langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan
kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan
(QS Al-Baqarah: 164)

Adalah bentuk tulang punggung yang khusus dan otot-otot ikanlah yang memberikan kekuatan tersebut. Tulang punggung membuat tubuh tegak dan terhubung dengan sirip serta otot-otot. Jika tidak demikian, tidaklah mungkin bagi ikan untuk bergerak di dalam air. Namun, bentuk khusus tulang punggung tidaklah memadai untuk memungkinkannya berenang. Ini karena ikan tidak hanya maju ke depan dan ke belakang, tetapi juga ke atas dan ke bawah agar dapat bertahan hidup. Gerakan ini dimungkinkan oleh sistem lain dalam tubuh mereka. Ikan memiliki kantung-kantung udara di tubuh mereka. Dengan mengosongkan kantung udara ini, ikan dapat menyelam ke dasar laut. Mengisinya dengan udara akan menaikkan ikan ke permukaan kembali.

Foto di sebelah kiri memperlihatkan sisa-sisa, dengan kata lain, sebuah fosil dari seekor ikan yang hidup di masa lampau. Anggota dari jenis ikan yang sama, yang masih hidup saat ini, dapat dilihat pada foto di bawah. Seperti dapat kalian lihat, tidak ada perbedaan di antara keduanya.
Pernahkah kalian berpikir mengapa ikan tidak pernah cedera sedikit pun kendati selalu berada di dalam air? Kulit kita akan teriritasi jika kita tetap diam di air selama beberapa waktu. Jika kita tinggal lebih lama lagi, maka kulit kita akan terluka. Namun, hal ini tidak pernah tejadi pada ikan. Ini semua berkat lapisan keras mengkilat di kulit terluarnya. Lapisan ini mencegah air memasuki tubuhnya. Jika ikan tidak memiliki lapisan ini, tubuh mereka akan rusak, dan karena air memasuki tubuh, keseimbangan akan terganggu hingga perlahan mereka akan mati. Namun, ini tidak terjadi dan semua ikan tetap melanjutkan kehidupan dalam air mereka.

Semua jenis ikan di dunia memiliki alat tubuh semacam ini. Jenis-jenis ikan yang hidup di masa lalu juga memilikinya. Ikan telah memiliki bentuk tubuh serupa yang sempurna selama berjuta-juta tahun dan tidak mengalami perubahan apa pun. Kita bisa melihatnya pada sisa-sisa ikan yang hidup berjuta-juta tahun lalu. Sisa-sisa ini, yaitu fosil, jelas memperlihatkan bahwa ikan di masa itu sama saja dengan ikan masa kini, dan tidak berubah sama sekali. Inilah bukti bahwa ikan muncul pada satu waktu tertentu. Dengan kata lain, mereka diciptakan. Adalah Allah yang memberi ikan seluruh alat tubuh yang mereka miliki. Allah juga Pencipta segala sesuatu yang ada di alam semesta. Ia mengetahui kebutuhan seluruh makhluk.
BAGAIMANA NURI MENGETAHUI ILMU KIMIA?

Dalam buku ini kalian telah membaca bahwa macaw memakan kerikil yang mengandung tanah liat, seperti terlihat dalam foto ini. Kalau kalian telah melihat foto tersebut sebelum membaca buku ini, tingkah laku burung jenis nuri itu akan mengejutkan kalian. Mungkin kalian bahkan tidak memahami apa yang sedang mereka lakukan. Tetapi kini kalian telah mengetahui mengapa macaw memakan tanah liat. Yang paling penting, kalian mengetahui bahwa Allah mengajarkan burung-burung itu untuk melakukannya. Beritahukan pada orang lain apa yang telah kalian pelajari untuk meningkatkan keimanan mereka terhadap Allah.
Beberapa tanaman memiliki biji-biji beracun. Ini merupakan cara yang tepat untuk melindungi diri dalam menghadapi musuh yang mencoba untuk menyantap mereka. Kendati demikian, suatu jenis nuri yang tinggal di Amerika dapat memakan biji-biji beracun ini. Ini sangat mengejutkan, karena saat makhluk lain tak dapat mendekati biji-bijian itu, burung-burung ini dapat terus memakannya tanpa terpengaruh sama sekali. Kalian tentu ingin tahu bagaimana ini bisa terjadi, bukan?

Bagaimana jenis nuri yang disebut macaw ini tidak teracuni telah menarik perhatian para ilmuwan. Para ahli mengamati macaw dan menyaksikan pola perilaku yang sangat luar biasa.

Setelah memakan biji-bijian bergizi sekaligus beracun ini, macaw akan terbang menuju sebuah tempat berbatu. Di sana, mereka mematuk-matuk dan menelan tanah liat bercampur kerikil. Ini tidaklah terjadi tanpa sengaja. Dan memang, kerikil yang mengandung tanah liat menyerap racun biji-bijian tersebut. Dengan cara inilah macaw dapat mencerna biji-bijian tersebut tanpa menderita.

Bagaimana burung ini bisa mendapatkan pengetahuan medis untuk menentukan akibat racun biji-bijian tersebut? Bagaimana mereka bisa mengetahui cara mencegah akibat racun ini? Mungkinkah mereka sebelumnya telah mendapatkan pendidikan obat-obatan untuk mengetahui bahwa zat penawar racun ada pada kerikil-kerikil yang mengandung tanah liat? Jelas tidak. Manusia tidak dapat mengetahui apakah sebuah benih beracun atau tidak hanya melalui rupanya. Untuk mengetahui apakah sesuatu itu beracun atau tidak, seseorang membutuhkan pendidikan tertentu, atau harus menanyakan pada ahlinya. Karena itu, tidak mungkin jika dikatakan bahwa seekor burung yang tidak punya kecerdasan dapat menemukan sesuatu setelah melakukan penelitian dan penelaahan zat kimia. Tidak mungkin macaw mendapatkan pengetahuan ini secara kebetulan. Manusia saja baru dapat mempelajarinya setelah bertahun-tahun menempuh pendidikan khusus. Allah Yang Maha Mengetahui, Sang Pencipta segala sesuatu dengan sempurna, mengajarkan pengetahuan ini pada burung-burung macaw.
Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri
mereka? Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada
di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar.
Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia
benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya
(Ar-Ruum: 8)
MEMBANGUN SARANG LABA-LABA
Pernahkah kalian memperhatikan bentuk-bentuk sarang laba-laba? Tahukah kalian bahwa laba-laba menghasilkan benang mereka sendiri, dan bahwa benang ini pun memiliki ciri-ciri yang mengagumkan? Atau pernahkan kalian mendengar bahwa teknik yang digunakan oleh laba-laba kebun untuk membuat sarangnya sama dengan teknik yang dipakai oleh insinyur sipil masa kini? Seekor laba-laba membutuhkan dua tempat terpisah untuk menganyam sarangnya. Sarang ini biasanya dianyam di sebuah sudut tempat dua dinding menyatu, atau di antara dua ranting pohon. Kendati demikian, beberapa jenis laba-laba begitu terampilnya sehingga mereka mampu menganyam sarang cukup dengan menggunakan sebuah permukaan saja. Cara laba-laba menganyam sarangnya sungguh luar biasa. Sekarang coba bayangkan apa yang akan kita pelajari berikut ini.
Mula-mula seekor laba-laba mencari ranting lentur yang cukup panjang untuk menganyam sarangnya. Laba-laba dengan kuat mengikatkan seutas benang di ujung ranting. Sambil menuruni ranting, ia terus mengeluarkan benang. Setelah menempuh jarak tertentu, laba-laba berhenti berjalan dan berhenti mengeluarkan benang. Laba-laba lalu melilit ranting dengan benang yang dikeluarkan dari tubuhnya, hingga ranting itu melengkung bagaikan sebuah busur. Dengan kuat, laba-laba kemudian melekatkan ujung benang lainnya, yang kini terentang lurus bagai benang. Kemudian ia mulai menganyam jaringnya di dalam busur ini.

Kini coba pikirkan apa yang akan kalian kalian lakukan jika kalian ingin merentangkan benang sepanjang dua setengah meter di antara dua dinding yang terpisah jarak dua meter. Sembari kalian mencoba memikirkan caranya, bacalah di sini bagaimana sejenis laba-laba kebun memecahkan permasalahan tersebut.
Laba-laba kebun terkadang menganyam jaring mereka di antara dua cabang yang terpisah jauh. Karena jaring-jaring semacam itu cukup besar, kemampuan jaring tersebut untuk menangkap mangsanya pun tinggi. Namun, ukuran jaring yang besar pelahan-lahan dapat membuat tegangan jaring berkurang. Akibatnya, kemampuan untuk menangkap mangsa pun berkurang. Laba-laba membutuhkan jalan keluar bagi permasalahan ini. Mungkin kalian berpikir, laba-laba akan menganyam jaring baru setelah jaring yang lama berkurang ketegangannya. Namun, bukannya menggantikan jaring tersebut, laba-laba justru melakukan hal yang luar biasa: Laba-laba mengatasinya dengan mengeluarkan seutas benang dari tengah-tengah jaring, turun ke bawah, dan menyangkutkan batu di akhir benang mendekati permukaan tanah. Lalu, laba-laba kembali lagi ke sarangnya, kali ini sambil menggulung benang, hingga batu pun terangkat. Kemudian, laba-laba mengikatkan benangnya, sekali pada batu yang berayun di udara, sekali lagi di tengah-tengah jaring. Dengan demikian, jaring tersebut menegang kembali karena bobot batu yang menggantung dari jejaring merentangkannya ke bawah.
Kalian mungkin tidak memikirkan jalan keluar seperti itu, demikian pula kebanyakan orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang konstruksi bangunan. Namun, laba-laba mengetahuinya, dan menerapkan teknik ini. Bagaimana seekor laba-laba mengetahui teknik mengagumkan seperti itu, dan mampu menerapkannya dengan baik? Hebatnya lagi, semua laba-laba telah menganyam jaringnya dengan teknik yang sama sejak berjuta-juta tahun yang lalu. Pasti ada suatu “Kekuasaan” yang mengilhami laba-laba untuk menggunakan teknik ini, karena kemampuan untuk melakukannya sendiri tidak dimiliki oleh laba-laba. Kuasa ini adalah milik Allah Yang Maha Kuasa, Pemilik segalanya, Yang memberi petunjuk dan mengilhami semua makhluk untuk mengerjakan hal-hal yang harus mereka lakukan.
NAUTILUS: MAKHLUK YANG SANGAT MENARIK
Pasti kalian pernah melihat kapal selam di TV atau di majalah-majalah. Kapal ini, yang mampu menyelam jauh di bawah permukaan laut tanpa terlihat, digunakan untuk menjamin keamanan nasional dan melakukan penelitian ilmiah tertentu. Cara kapal selam bekerja adalah: ketika tangki-tangki selam khusus dalam sebuah kapal selam terisi dengan air, kapal itu menjadi lebih berat dibandingkan air sehingga tenggelam ke dalam laut. Jika air dalam tangki tersebut dikosongkan dan diganti dengan udara bertekanan, kapal selam akan naik ke permukaan kembali.

Tidak terdapat perbedaan antara fosil nautilus yang hidup jauh di masa lalu (bawah) dan nautilus di masa kita sekarang ini. Apakah kalian memperhatikannya?
Kini kita akan meneliti nautilus, suatu makhluk yang sangat menarik, yang melakukan cara yang persis sama dengan kapal selam. Nautilus memiliki cangkang spiral (berbentuk garis memutar) bergaris keperakan, dan menyelam seperti kapal selam. Nautilus memiliki anggota tubuh yang berbentuk seperti cangkang keong berdiameter 19 cm (7,5 inci), seperti terlihat pada foto. Di dalam organ ini terdapat dua puluh delapan “kamar selam” yang saling berhubungan. Kamar-kamar selam ini bekerja dengan cara yang sama seperti tangki-tangki kapal selam; dengan kata lain, nautilus membutuhkan udara bertekanan. Dalam kapal selam, kebutuhan ini dipenuhi melalui sistem khusus yang dibangun oleh para insinyur di tempat-tempat tertentu dalam kapal selam. Namun, bagaimana nautilus dapat menemukan udara bertekanan yang diperlukan untuk memompa air keluar? Jawaban bagi pertanyaan ini memperkenalkan kita kepada ciri menakjubkan lain yang diciptakan Allah. Suatu gas khusus dihasilkan dalam tubuh nautilus. Gas ini memasuki ruang-ruang selam dalam tubuh nautilus melalui aliran darahnya dan perlahan-lahan mengeluarkan air dari sel-sel tubuh. Dengan demikian, nautilus pun dapat tenggelam atau mengapung untuk melindungi diri dari musuh-musuhnya saat berburu. Kemampuan menyelam nautilus sesungguhnya jauh lebih tinggi daripada kapal selam. Sebuah kapal selam hanya mampu menyelam sedalam 400 meter (1310 kaki), sementara nautilus dengan mudah bisa menyelam hingga kedalaman 4000 meter (2,5 mil).
... Pengetahuan Tuhanku meliputi segala sesuatu. Maka apakah
kamu tidak dapat mengambil pelajaran (darinya)?
(QS Al An-am: 80)

Sistem istimewa binatang laut yang menarik ini diciptakan bagi kita untuk direnungkan. Kini, pikirkanlah sejenak. Dapatkah nautilus menggunakan sistem ini secara kebetulan saja? Bisakah nautilus mendapatkan sendiri bentuk tubuh yang memungkinkannya untuk menghasilkan gas? Hebatnya lagi, ini bukanlah satu-satunya keistimewaan nautilus. Tekanan dalam air sangat kuat. Itulah sebabnya mengapa kalian merasakan tekanan di telinga ketika menyelam hingga dalam. Kendati demikian, tekanan yang kalian alami masih terhitung rendah. Jika seseorang menyelam lebih dalam lagi, tekanan air akan meningkat, dan dalam kedalaman tertentu menimbulkan dampak mematikan pada makhluk hidup. Di lain pihak, walaupun merupakan makhluk yang sangat kecil dan hanya memiliki cangkang luar untuk melindungi diri, nautilus tidaklah terpengaruh oleh tekanan ini, yang bisa sangat memuncak. Jelas, semua ciri-ciri alat tubuh yang dimiliki nautilus memang dirancang secara khusus untuk itu. Makhluk ini tidak mungkin merancang sendiri bentuk tubuh seperti ini untuk menghindari berton-ton tekanan air di bawah permukaan. Allah, yang menciptakan segala sesuatu dengan sempurna, merancang bentuk tubuh yang begitu sempurna ini. Dalam sebuah ayat Al Quran, Allah mengundang manusia untuk mengambil hikmahnya:
Maka apakah (Allah) yang menciptakan itu sama dengan yang tidak dapat menciptakan (apa-apa)? Mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? (QS An-Nahl: 17)
KUPU-KUPU YANG MEMILIKI PENGETAHUAN FISIKA
Rupa kupu-kupu sangat mengagumkan. Makhluk ini, dengan sayap aneka warna dan cara terbang yang anggun seperti perhiasan hidup, adalah di antara sumber keindahan yang diciptakan Allah bagi kita. Namun, rupa yang hebat bukanlah satu-satunya ciri kupu-kupu. Makhluk yang berusia pendek ini terkadang melakukan perhitungan-perhitungan seperti yang dilakukan para pakar. Misalnya, seperti ngengat yang kita bahas sebelum ini, panas tubuh seekor kupu-kupu harus berada pada tingkat tertentu agar ia bisa terbang. Mari kita perhatikan apa yang dilakukan kupu-kupu untuk mengatasi persoalan tersebut.
Kupu-kupu colia tidak dapat terbang ketika suhu tubuhnya berada di bawah 28oC (83oF). Kalau sudah begini, kupu-kupu akan membuka sayapnya untuk membuka sisi atasnya agar terkena matahari, dan mengumpulkan limpahan sinar matahari pada sudut yang tepat. Jika suhu tubuhnya meningkat hingga 40oC (104oF), kupu-kupu itu akan berputar 90 derajat, lalu menerima sinar matahari secara horizontal. Dengan tindakan ini, kupu-kupu dapat menyerap panas sesedikit mungkin melalui sayapnya, sehingga suhu tubuhnya menurun.

Selain itu, jenis kupu-kupu ini memiliki bintik gelap kecil pada sayap-sayapnya. Bintik ini, yang berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh yang lebih tinggi, tidak berada di sembarang tempat. Bintik-bintik tersebut berada di dekat titik-titik tubuh yang paling membutuhkan kehangatan. Berkat rancangan yang istimewa ini, pengiriman panas dari bintik-bintik yang menghangat dengan cepat ini ke bagian tubuh lainnya menjadi lebih mudah karena jarak yang harus ditempuh untuk mengirimkan panas kini diperpendek.
Jenis kupu-kupu lainnya menggunakan cara yang sama untuk meningkatkan suhu tubuh mereka. Kalian semua tentu mengetahui apa yang dimaksud dengan lensa. Beberapa lensa ada yang digunakan untuk memperbesar gambar, sementara jenis lensa lainnya ada pula yang digunakan untuk menghasilkan gambar-gambar objek yang diperkecil. Contohnya, kacamata yang terdiri dari sepasang lensa. Di samping fungsi ini, sebuah lensa yang dihadapkan pada matahari melalui sudut yang tepat dapat memusatkan sinar-sinar matahari pada titik tertentu. Cara ini bahkan dapat menyalakan api. Sama dengan cara kerja lensa ini, jenis kupu-kupu lainnya mengarahkan sayapnya pada matahari sedemikian rupa sehingga semua sinar terpusat pada bagian-bagian tertentu di tubuhnya yang paling membutuhkan kehangatan, dengan cara yang sama seperti sebuah lensa bekerja.
Kupu-kupu jelas tidak memiliki pendidikan dalam bidang fisika atau bidang-bidang lainnya. Mereka tidak dapat mengetahui sifat lensa. Mereka tidak mengetahui sudut mana yang akan menerima jumlah panas terbanyak. Allah, yang Menjaga dan Melindungi segala hal, mengilhami kupu-kupu tentang apa yang harus mereka lakukan untuk mengatur suhu tubuhnya. Sebagaimana Allah telah mengingatkan kita dalam sebuah ayat:
... Allah Maha Mengawasi segala sesuatu (QS Al-Ahzab: 52)
IKAN PATIN JANTAN BERTUGAS
Belum banyak diketahui orang bahwa ikan membangun sarang dan memberikan perlindungan terus-menerus bagi anak-keturunannya. Sarang-sarang ini biasanya merupakan lubang-lubang yang digali di antara kerikil atau di dalam pasir. Telur-telur berkembang di sarang terbuka ini untuk beberapa waktu, selama itu induk dan bapak ikan bergantian menjaga sarang dari musuh-musuhnya. Ikan patin adalah di antara jenis makhluk yang melindungi anak-anak mereka.

Ikan patin betina membiakkan telur-telur di dasar tanam-tanaman dan karang-karang perairan dangkal. Telur-telur melekat di akar-akar tanaman. Setelah beberapa saat, ikan patin betina meninggalkan telur-telurnya. Kini giliran ikan patin jantan yang bertugas. Tugas ikan jantan adalah tinggal bersama telur-telur itu dan menjaganya dari bahaya. Tugas penjagaan ini akan berakhir setelah 40-50 hari, setelah anak-anak ikan menjadi dewasa sepenuhnya.

Di samping penjagaan yang penuh kewaspadaan ini, ikan jantan juga membuat suara-suara berdesir dengan menggunakan insangnya. Cara ini membuat ikan musuh menyingkir dari telur-telur tersebut. Ikan patin jantan tahu bahwa suara ini akan mengancam ikan lain dan akan memaksa mereka untuk menyingkir.

Allah mengilhami ikan patin jantan untuk melindungi anak-anak mereka dengan cara ini. Seperti makhluk lainnya, ikan ini hanya bertindak dengan cara yang diilhamkan Allah padanya, sehingga dapat menjamin kelangsungan hidup jenisnya.

1 komentar:

  1. Free online casino online casino online【WG】free slot
    【 playcasino online】,free slot machine,free 카지노 chip,free online slot 우리카지노 machine,online 온카지노 casino,online casino,online casino,free slot machine,poker hand,online jackpot.

    BalasHapus